Penyakit kelamin adalah penyakit yang terjadi pada bagian organ kelamin dan pada umumnya ditularkan melalui kontak seksual. Penyakit kelamin disebabkan mikroorganisme yang hidup pada cairan, lendir atau selaput kulit. Penyakit dikategorikan sebagai penyakit menular seksual. Kontak seksual yang biasanya melibatkan cairan dalam tubuh dapat menjadi penyebab penularan penyakit kelamin dengan sangat cepat. Daerah area organ kelamin memiliki karakteristik yang lembab sehingga hal ini berpotensi menjadi tempat tinggal berbagai macam mikroorganisme.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit kelamin yang perlu untuk di ketahui.

1. Cervicitis

Cervicitis adalah penyakit menjadi penyebab peradangan pada bagian serviks atau mulut rahim. Banyak wanita tidak merasakan atau tidak memperhatikan penyakit ini karena tidak disertai dengan gejala khusus. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual.

2. Chlamydia

Chlamydia adalah salah satu penyakit menular seksual yang terjadi pria maupun wanita, bahkan dapat menjangkiti untuk semua umur. Tetapi penyakit ini paling banyak dialami oleh wanita muda atau wanita remaja. Chlamydia merupakan penyakit yang tidak susah untuk diobati, tetapi karena tidak disertai dengan gejala khusus, maka banyak penderita yang tidak mengetahuinya. Namun jika perawatan dan pengobatan terlambat maka be resiko mengalami keadaan lebih buruk seperti komplikasi, datang ke klinik terdekat.

3. Epididimitis

Epididimitis adalah penyakit yang menjadi penyebab terjadinya peradangan pada bagian epididymitis yang terletak tepat di belakang testis. Penyakit ini dapat terjadi pada semua pria dari berbagai umur. Penyebabnya adalah karena terjadi infeksi bakteri yang dapat menyebabkan gonore atau chlamydia.

4. Gonore

Gonore seperti apa itu herpes adalah penyakit menular seksual yang dapat menular kepada wanita dan pria. Penyakit yang paling banyak menjadi penyebab terjadinya masalah pada saluran kencing, rektum sampai tenggorokan. Jika menyerang wanita, gonore dapat menyebabkan infeksi pada leher rahim atau serviks. Penyebaran dapat melalui hubungan seksual atau dari ibu yang terinfeksi menular kepada bayi yang dilahirkan melalui persalinan normal.

5. Vaginitis

Vaginitis adalah salah satu penyakit yang menimbulkan radang pada organ seksual pada bagian vagina. Vagnitis ditandai dengan keputihan yang berlebihan, rasa nyeri dan rasa gatal. Disebabkan oleh tingkat estrogen yang menurun pada wanita karena sudah masuk masa menopause. Masalah keseimbangan pH di dalam vagina juga dapat menjadi penyebab masalah ini.

6. Urethritis

Urethritis adalah penyakit akibat terjadinya infeksi yang menjadi penyebab peradangan pada lapisan uretra. Uretra adalah saluran kecil yang memiliki fungsi untuk mengalirkan urine atau air kencing ke luar tubuh. Pada pria uretra memiliki fungsi untuk mengeluarkan air mani.

7. Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah Penyakit menular seksual disebabkan parasit Trichomonas vaginalis dan merupakan penyakit menular yang dapat disembuhkan. Secara umum penyakit ini tidak berkembang menjadi gejala yang dapat membuat keadaan semakin memburuk. Pria dan wanita dapat penyakit ini melalui hubungan seksual.

8. Prostatitis

Prostatitis adalah Penyakit yang menjadi penyebab terjadinya peradangan atau pembengkakan pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat memiliki fungsi untuk menghasilkan air mani dan untuk menyalurkan sperma. Penyakit ini sering menjadi penyebab pria tidak bisa buang air kecil, timbul rasa sakit ketika buang air kecil dan perasaan yang tidak nyaman bahkan menyebabkan flu. Pria muda maupun tua bisa saja terjangkit penyakit ini.

9. Penyakit Radang Panggul

Penyakit radang panggul adalah Penyakit yang disebabkan karena terjadi infeksi pada organ reproduksi wanita. Penyakit ini menular melalui bagian vagina kemudian menuju ke rahim, saluran tuba falopi dan bahkan indung telur. Penyakit tidak menimbulkan gejala khusus sehingga menyebabkan wanita susah untuk hamil. Jika tidak dilakukan perawatan maka dapat menjadi penyebab radang nyeri panggul yang p

10. Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah salah penyakit menular seksual yang sangat mudah menular. Penyakit ini biasanya dialami oleh penderita HIV/AIDS yang sudah terinfeksi human papillomavirus. Kutil kelamin banyak ditemukan pada wanita karena organ kelamin lembab. Kutil akan terlihat pada bagian luar, memiliki ukuran kecil, terjadi benjolan daging dengan warna merah.