Penyebab penyakit sifilis adalah bakteri yang dinamakan treponema palidium. Ini merupakan jenis bakteri yang memiliki sangat kecil dan masuk ke tubuh manusia melalui lendir yang ada di vagina, mulut atau alat kelamin pria. Sering berganti pasangan seksual tanpa menggunakan kondom dapat menjadi salah satu penyebab terkena penyakit kelamin yang berbahaya ini.

Penyakit kelamin sifilis merupakan penyakit menular yang menakutkan dan berbahaya. Setiap orang yang terjangkit tidak boleh sembarangan untuk berhubungan seksual dengan siapa pun karena dikhawatirkan akan menular. Penyakit kelamin sangat sensitif. Kelamin memiliki fungsi sebagai tempat mengeluarkan kotoran. Sehingga jika terkena penyakit, maka kelamin kita tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karena itu harus dihindari semua hal yang dapat menjadi penyebab penyakit sifilis oleh setiap siapa saja baik pria maupun oleh wanita dalam rangka menjaga kesehatan kelamin.

Sifilis atau sering juga disebut raja singa merupakan penyakit salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.

Sifilis atau sering juga disebut raja singa merupakan penyakit salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Penyakit ini biasanya dimulai dari benjolan yang tidak sakit, biasanya terjadi pada area kemaluan. Sifilis menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak kulit.

Pada tahap infeksi awal, mendeteksi sifilis bisa menjadi hal yang sulit. Karena bakteri sifilis dapat hidup di dalam tubuh anda selama bertahun-tahun sebelum menjadi aktif. Tahap awal sifilis sebenarnya dapat diatasi, kadang cukup dengan menyuntikkan penisilin. Namun apabila tidak diobati, sifilis dapat merusak jantung, otak dan organ lainnya sehingga dapat membahayakan nyawa sama seperti apa itu herpes.

Penularan sifilis hanya terjadi melalui kontak langsung dengan chancres sifilis. Tidak dapat ditularkan karena menggunakan toilet yang sama dengan orang lain, memakai baju pasien sifilis.

Penyakit kelamin ini biasanya tidak ditandai dengan gejala yang spesifik. Artinya gejala yang terjadi bisa saja tanda atau gejala penyakit lainnya. Gejala awal tersebut antara lain tidak enak badan, demam, mual, sakit kepala, muntah, kelelahan yang sangat, berkeringat serta badan yang menggigil. Kemudian penderita akan mengalami kurang darah atau anemia.

Tahapan Penyakit Sifilis

Ketika sifilis sedang dalam masa tersembunyi, penyakit ini sebenarnya aktif namun tidak menimbulkan gejala dan tidak menular ke yang lain. Sementara tahap tersier sifilis adalah tahapan yang paling merusak kesehatan tubuh.

Ada 4 tahap penyakit sifilis:

  • Primer
  • Sekunder
  • Laten
  • Tersier

Tahap primer dan sekunder merupakan tahapan sifilis yang mudah menular.

Ketika sifilis sedang dalam masa tersembunyi, penyakit ini sebenarnya aktif namun tidak menimbulkan gejala dan tidak menular ke yang lain. Sementara tahap tersier sifilis adalah tahapan yang paling merusak kesehatan tubuh.

Bagaimana Melakukan Tes Pemeriksaan Sifilis?

Bila anda merasa terkena sifilis, segera periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan untuk tes darah atau mengambil sampel urin untuk melakukan tes, dan tidak lupa dokter juga akan melakukan tes fisik secara menyeluruh. Apabila ada anomali, dokter akan mengambil sampel apakah ada bakteri sifilis di dalamnya.