Pastinya Anda sudah tidak asing lagi bukan jika mendengar “Osteoporosis”? Ya penyakit ini biasa disebut penyakit pengeroposan tulang biasanya penderitanya sering mengalami osteoporosis ketika menginjak usia tua akan tetapi penyakit ini juga bisa menyerang kaum muda.

Osteoporosis secara harfiah berarti tulang keropos, adalah penyakit di mana kepadatan dan kualitas tulang berkurang. Sebagai tulang menjadi lebih berpori dan rapuh, risiko patah tulang akan sangat meningkat dan biasanya pengeroposan tulang tersebut terjadi secara bertahap dan tidak ada gejala sampai patah tulang pertama terjadi.

Biasanya osteoporosis pada wanita akan dipercepat 3 - 6 tahun pertama setelah masa menopause dan wanita mengalami osteoporosis 6 sampai 8 kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Hal tersebut dikarenakan berkurangnya hormon wanita (estrogen), tulangnya lebih ringan dan usia harapan hidup lebih yang lebih lama, banyak makan ikan pepes.

Lalu, Apakah Penyebab Osteoporosis?

Ternyata banyak faktor yang bisa menjadi penyebab osteoporosis diantaranya adalah:

  • Faktor umur akan menjadi penyebab osteoporosis dan akan semakin meningkat dengan usia setelah pertengahan 30 tahunan.
  • Faktor etnis ataupun keturunan bisa juga menjadi penyebab osteoporosis terutama risiko lebih tinggi pada orang kulit putih dan Asia
  • Faktor struktur tulang, karena pada seseorang dengan struktur tulang kecil dapat menjadi penyebab osteoporosis.
  • Faktor Genetika dapat menjadi risiko yang lebih tinggi, terutama jika orang tua atau saudara memiliki penyakit osteoporosis dalam keluarga.
  • Faktor sejarah patah tulang, karena seseorang yang dahulunya pernah patah tulang kemungkinan akan beresiko terserang osteoporosis dibandingkan biasanya ini terjadi setelah usia 50 tahun.
  • Faktor berkurangnya hormon terutama pada wanita saat estrogen berkurang setelah menopause dan bisa menyebabkan osteoporosis.
  • Mengalami Anoreksia nervosa dan bulimia (gangguan makan), dan orthorexia.
  • Karena Merokok dam meminum alkohol secara berlebihan
  • Mengurangi kalsium, magnesium dan vitamin D (yang disebabkan oleh asupan makanan yang rendah, malabsorpsi, dan penggunaan beberapa obat).
  • Faktor lain yang meningkatkan risiko osteoporosis termasuk penyakit atau obat-obatan yang menyebabkan perubahan kadar hormon, dan penyakit tulang yang mempengaruhi kadar hormon termasuk Hyperthyroidism.

Bagaimanakah Cara Mencegah Osteoporosis?

Sebenarnya cara untuk mencegah osteoporosis adalah ketika Anda masih berusia muda dengan cara mengkonsumsi kalsium, mengkonsumsi vitamin D, berolahraga, makan-makanan sehat, serta menjalani pola hidup sehat.

Cara Mengobati Osteoporosis

Sebenarnya pengobatan osteoporosis terbaik adalah dengan cara pencegahan dan jika Anda sudah terlanjur mengalami keretakan dan sudah menderita osteoporosis, Maka segera mungkin Anda memerlukan penanganan yang dapat mengurangi risiko terjadinya keretakan yang lebih parah di masa mendatang.

Dengan datang dan konsultasikan segera kepada dokter dan mungkin Anda perlu untuk menjaga kebutuhan kalsium dan vitamin D setiap harinya agar mencegah terjadinya osteoporosis dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.